Siapkan Dana Pendidikan Anak, Yuk?

    image   

 Masih ingat  tulisan saya tentang Perancanaan Keuangan ?

disebutkan bahwa,  salah satu tujuan keuangan yang termasuk prioritas dilakukan oleh kita yang telah memiliki anak adalah mempersiapkan dana pendidikan. Pendidikan  adalah bekal terbaik yang bisa kita berikan kepada anak-anak.

Siapkan Dana Pendidikan anak dengan investasi. Sebaiknya dana pendidikan disiapkan sejak dini, supaya komitmen investasi yang dilakukan tidak terlalu berat. Semakin ditunda semakin besar jumlah yang harus diinvestasikan. Lakukan survey ke sekolah yang dituju agar mengetahui data biaya sekolah.

Menghitung Kebutuhan Dana Pendidikan Anak

Saya mencoba menghitung kebutuhan dana pendidikan anak untuk jenjang pendidikan sarjana (S 1). Asumsi saya, untuk biaya sekolah tingkat Playgroup, TK, SD, SMP dan SMA kita bisa alokasikan dari penghasilan rutin bulanan atau tahunan karena rata-rata orang tua masih dalam usia produktif.

Tentu pilihan sekolah harus realistis disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing. Sedangkan untuk biaya kuliah, ada sebagian dari kita yang mungkin sudah masuk usia pensiun, sehingga perhitungan biaya berdasarkan biaya total yang harus disiapkan selama menempuh pendidikan, supaya biaya kuliah tidak menjadi beban di usia pensiun anda.

Selain itu, inflasi menyebabkan biaya pendidikan juga ikut naik dari tahun ke tahun, terasa sekali pada biaya kuliah yang menjadi sangat mahal bila tidak disiapkan sejak dini.

Untuk contoh perhitungan dana pendidikan anak ini, saya memakai asumsi kenaikan biaya perguruan tinggi per tahun 15%. Asumsi biaya yang harus disiapkan sampai selesai S 1 adalah RP.100.000.000 untuk satu anak

Tabel Kebutuhan Dana Pendidikan Masuk Perguruan Tinggi

 

      image

Lakukan Investasi Rutin

Dana yang perlu disiapkan jumlahnya cukup besar. Akumulasi dana sebesar itu tentu terasa berat jika hanya mengandalkan menabung di bank. Cara yang lebih bijak tentu dengan berinvestasi rutin. Dengan berinvestasi rutin dan pemilihan instrumen investasi yang tepat, diharapkan hasil investasi nanti bisa melebihi inflasi biaya pendidikan nanti.

Beberapa Perencana Keuangan Independent menyarankan akumulasi dana pendidikan anak ini dengan Reksadana. Apapun pilihan instrument investasi yang dipilih tinggal disesuaikan saja, postingan saya tentang Reksadana bisa di baca di sini.

Jika anda berencana mempersiapkan dana pendidikan anak menggunakan logam mulia, tinggal anda konversi biaya yang dibutuhkan dengan harga logam mulia per gram. misalnya untuk menyiapkan Rp. 100 jt  (misalnya harga emas Rp. 500 rb/gr) maka perlu 200gr per anak. 100 jt tadi dibagi saja dengan 500 rb sama dengan 200 gr.

Anda tinggal berkomitmen membeli secara rutin sampai jumlah emas yang diperlukan tercapai. Jika target dana sudah terkumpul, alihkan dana yang terkumpul pada instrumen investasi yang lebih rendah resikonya (low risk) tapi likuid, contohnya deposito, tabungan atau logam mulia.

Prinsip dasar berinvestasi berlaku disini. High risk high return. Semakin tinggi hasil yang diharapkan, resiko investasi semakin tinggi. Jangan berinvestasi hanya di satu tempat, lakukan diversifikasi. Saya ambil contoh misalnya dengan mengkombinasikan reksadana, logam mulia dan asuransi sebagai back up nya.

Siapkan Proteksi Income untuk Pencari Nafkah

Investasi saja tidak cukup untuk memastikan anak-anak kita dapat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Ada resiko lain yang harus diperhitungkan, yaitu resiko anda atau pasangan anda meninggal, terkena penyakit kritis, mengalami kecelakaan berat yang menyebabkan penghasilan terhenti  pada saat anda sedang berinvestasi untuk mencapat target dana pendidikan ini.

Jangan hanya membuat perencanaan dengan 1 skenario saja. Buat juga Back Up Plan, dengan memiliki asuransi jiwa bagi pencari nafkah. Tentukan Proteksi  yang sesuai, pertimbangkan lama perlindungan dan uang pertanggungan yang anda butuhkan, minimal sampai anak anda menyelesaikan jenjang Perguruan Tingginya.

TAPRO ALLISYA PROTECTION PLUS dapat anda gunakan untuk BACK UP RENCANA DANA PENDIDIKAN ANAK ANDA.

Contoh :  seorang ayah umur 30 tahun dengan 2 anak usia 1 dan 4 tahun, memerlukan Dana Pendidikan 935 juta untuk anak umur 1 tahun dan 615 juta untuk anak 4 tahun, maka Uang Pertanggungan  asuransi jiwa  yang diperlukan  minimal 1,6 milyar untuk Back Up Dana Pendidikan anak-anaknya.

Ilustrasi untuk back up dana pendidikannya seperti ini :

 

image

Jika dalam proses mengakumulasi dana pendidikan tadi ayah pindah dunia, maka uang pertanggungan akan cair sebesar 1,6 Milyar.

Jika proteksinya ingin lebih lengkap lagi, bisa menggunakan ilustrasi di bawah :

 

image

Manfaat yang didapat pada contoh ilustrasi kedua :

1. manfaat warisan sebesar 1,6 Milyar

2. Cacat Tetap Total karena Kecelakaan sebesar 1,6 M. jika cacat tetap sebagian diberikan Uang Pertanggungan berdasar persentase dari UP ADDB

3. Cacat Tetap Total karena sakit sebesar 1,6 M

4. Jika terkena 1 dari 100 kondisi kritis sesuai ketentuan polis cair Uang Pertanggungan 50% untuk early stages, 100% untuk intermediate dan advance stages, 120% untuk catastropic stages. manfaat tambahan jika angioplasty 10% maksimal 70 jt dan Komplikasi Diabetes sebesar 20% UP maksimal 200 jt.

Pada ilustrasi yang kedua, proteksi untuk pencari nafkah tidak hanya jika terjadi pindah dunia saja, tetapi juga untuk skenario jika pencari nafkah mengalami kecelakaan berat, mengalami cacat tetap total karena sakit atau kecelakaan, atau mengalami salah satu dari 100 penyakit khusus, Uang Pertanggungan juga akan diberikan kepada keluarga.

Kesimpulannya : untuk mempersiapkan Dana Pendidikan anak

1. Berinvestasilah sedini mungkin. Menabung saja tidak akan cukup karena faktor inflasi.

2. Jika target dana sudah terkumpul, alihkan pada instrumen yg lebih low risk tapi likuid, misal deposito, tabungan, dan logam mulia.

3. Pada saat yang sama, orang tua harus memiliki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan yang cukup seandainya terjadi resiko yang tidak diinginkan, terutama meninggal dunia, cacat tetap dan penyakit kritis. Tiga resiko ini dapat menggagalkan pendidikan anak anda.

Untuk konsultasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi saya..

Yessi Dian Novita

Pin BBm 52139031

NO HP/ WA 08129645333

email : yessidiannovita@yahoo.com

Advertisements

2 thoughts on “Siapkan Dana Pendidikan Anak, Yuk?

  1. Pingback: Diskusi tentang Persiapan Dana Pendidikan Anak | 1 YANG TERPENTING : PROTEKSI INCOME ANDA

  2. Pingback: Make Your Own Financial Planning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s