Angka Kematian Penderita Jantung Masih Tinggi

imageRepublika.co.id, Palembang – Dokter ahli penyakit jantung Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang dr Rifnaldi Sp JP, mengatakan angka kematian penderita sakit jantung di Indonesia atau secara nasional masih sangat tinggi.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, angka kematian penderita jantung koroner di tanah air mencapai 7,6 juta orang per tahun,” kata dr Rifnaldi SpJP dalam acara media gathering dalam rangka menyambut Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 September, di Palembang, Rabu (25/9).

Berdasarkan  data tersebut, sebanyak 325 ribu kasus di antara masyarakat yang terkena serangan jantung meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit, katanya. Dijelaskannya, melihat tingginya angka kematian penderita sakit jantung koroner di Indonesia, diimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit tersebut.

Penyakit ini perlu diwaspadai dan segera dilakukan langkah antisipasi karena serangannya secara tiba-tiba, penderita merasa tidak ada keluhan sebelumnya, dan kondisi penderita secara umum sebelumnya sangat sehat. Menurutnya, sebagai langkah antisipasi karena serangan jantung, pihaknya berupaya terus memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan jantung.

Penyakit jantung sekarang ini tidak hanya menyerang orang tua, tetapi juga mulai banyak menyerang anak muda usia di bawah 40 tahun. Untuk menghindari serangan jantung secara tiba-tiba, masyarakat bisa melakukan pengecekan kesehatan jantung dengan cara melakukan rekam jantung (elektro cardiography), tes lari (treatmill test), USG jantung (Echo Cardiography), CT Scan Jantung dan kateterisasi jantung.

Selain melakukan pengecekan dan pengobatan secara dini, untuk menghindari terkena serangan jantung yang dapat meematikan itu, masyarakat dianjurkan melakukan pola hidup sehat seperti mengurangi asupan makanan berkolesterol tinggi serta melakukan olahraga aerobik seperti lari, sepeda dan renang secara rutin, kata dia pula.

Sumber :http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/09/25/mto65h-angka-kematian-penderita-jantung-masih-tinggi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s