Sudah Idealkah Uang Pertanggungan Saya ?

image

Narasumber : Alan T. Darmawan – Direktur Allianz Life Indonesia

Mana yang lebih penting, mengetahui besarnya premi yang kita bayarkan atau mengetahui berapa dan apa saja manfaat yang berhak kita dapatkan dari polis asuransi?keduanya penting,namun lebih baik mengetahui apa saja manfaat yang berhak anda terima dengan premi yang rutin anda bayarkan.

Untuk asuransi jiwa, manfaat polis dapat berupa uang pertanggungan sebagai manfaat dasar, dan bisa juga ditambahkan berbagai manfaat tambahan lainnya seperti penyakit kritis, kecelakaan, kehilangan anggota atau fungsi tubuh, atau santunan rumah sakit. Setiap orang berhak menentukan mana saja manfaat yang dibutuhkan serta berapa besarannya.

Kali ini saya akan membahas manfaat dasar asuransi jiwa. Peruntukan dasar dari manfaat ini adalah untuk menutupi segala biaya yang terkait dengan kepergian sang tertanggung.  Setelah biaya tersebut tercukupi, berikutnya yang dapat diperhitungkan adalah biaya yang dibutuhkan keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup mereka. Peruntukan lainnnya yang bisa dipenuhi oleh manfaat ini antara lain adalah biaya pendidikan, warisan, iataupun melunas kewajiban finansial yang dimiliki.

Bagaimana menentukan besarnya manfaat yang dibutuhkan ?

Hal yang perlu dipertimbangkan sebagai informasi dasar antara lain, besarnya pengeluaran bulanan, status perkawinan, jumlah tanggungan yang dimiliki, usia masing-masing tanggungan,  serta berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mendapatkan sumber pendapatan pengganti.

Angka pertanggungan  ideal dari gambaran berikut dihitung menggunakan kalkulator asuransi yang terdapat pada situs investment.allianz.co.id. Kondisi yang coba digambarkan adalah seorang kepala keluarga yang meninggal dunia meninggalkan seorang istri yang tidak akan bekerja serta 3 orang anak. Dengan rata-rata harapan hidup orang indonesia hingga 70 tahun,maka minimal uang pertanggungan akan cukup untuk menghidupi sang istri hingga usia harapan hidup tersebut yaitu 30 tahun.

Setelah mengetahui angka pertanggunga ideal, barulah disesuaikan dengan kemampuan membayar premi. Meski mungkin angka pertanggungan yang preminya sanggup dibayarkan tidak mencapai angka ideal, anda telah memaksimalkan perlondungan yang dapat anda berikan pada keluarga tercinta. Uang pertanggungan yang ideal adalah yang besarnya paling mendekati kebutuhan dengan besaran premi maksimal yang mampu dialokasikan.

sumber : Laporan Perkembangan Unitlink Allianz 2015

 

 

Leave a Reply