Saya Tidak Mau Hidup Berdasar Belas Kasihan Orang

Tepat 2 tahun lalu saya mengenal seorang ibu , awalnya beliau salah seorang pengunjung Blog saya. Beberapa saat kemudian beliau hubungi saya lewat WA untuk menanyakan segala hal terkait Tapro Allisya Protection Plus. Setelah berdiskusi mengenai kebutuhan proteksinya, saya coba bantu membuat perencanaan proteksi sesuai kebutuhan dan kemampuan beliau.

Alasan-alasan apa yang membuat beliau tergerak membuka polis asuransi ? sebelumnya beliau bercerita, “Saya  Ibu single parent dengan seorang anak laki-laki . Saya tidak mau hidup berdasar belas kasihan orang. Kalau terjadi resiko hidup pada saya, saya tidak mau anak saya hidup dikasihani orang. Belum tentu juga walinya nanti sanggup menanggung beban finansial anak saya. Saya tahu Tuhan Maha Kaya, saya tahu Tuhan yang akan menjamin rezeki anak saya, tapi bolehkan saya mempersiapkan diri dan memaksimalkan ikhtiar saya untuk anak saya ?” 

“Selain mempesiapkan segala sesuatu untuk anak laki-laki saya satu-satunya itu, saya ingin juga berjaga-jaga untuk hal lain. Resiko hidup saya tidak hanya ketika saya wafat, tapi juga saya ingin punya proteksi sakit kritis. Orangtua saya dua-duanya terkena serangan jantung. Resiko sakit kritis saat ini tidak memandang usia.”

Saya sedikit memaparkan data, WHO menyatakan 67% manusia sebelum meninggal pasti terkena sakit kritis. 95% orang tidak punya CASH, maka yang akan dilakukan kemudian adalah menjua aset-aset, meminjam uang atau mencari sumbangan, maka 85% diantaranya mengalami kebangkrutan. Yang siap dengan uang cash hanya sekitar 5% saja. Bicara tentang menjual aset.. tentu perlu waktu yang lama, apalagi properti misalnya yang tekenal sangat tidak likuid. Bicara tentang meminjam, saat kita sehat aja mencari pinjaman dalam jumlah besar tidak mudah ya walaupun dengan saudara dekat dan kita sehat serta punya kesanggupan membayar utang, apalagi untuk biaya pengobatan. Bicara tentang sumbangan.. seberapa besar itu bisa kita harapkan ?

Maka saya bilang, ibu sudah melakukan keputusan yang tepat, Begitu Permohonan asuransi ini disetujui, maka dana darurat itu segera disiapkan oleh Allianz. Untuk Proteksi Penyakit Kritis, dananya disiapkan setelah 90 hari polis disetujui. Setelah dijelaskan seperti itu maka saya buatkan ilustrasi untuk beliau, dengan manfaat sebagai berikut :

  1. Manfaat dasar asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp. 500.000.000
  2. Manfaat asuransi jiwa tambahan Termlife dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp. 500.000.000
  3. Manfaat CI 100 (proteksi penyakit kritis) dengan uang pertanggungan sebesar Rp. 500.000.000
  4. Manfaat ADDB dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp. 500.000.000
  5. Manfaat TPD dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp. 500.000.000
  6. Manfaat pembebasan premi (payor)

teringat salah satu Hadits,  Al-Bukhori nomor 6236 yang artinya: Telah menceritakan kepada kami [Al Humaidi] telah menceritakan kepada kami [Sufyan] Telah menceritakan kepada kami [Az Zuhri] mengatakan; telah mengabarkan kepadaku [Amir bin Sa’d bin Abi Waqqash] dari [ayahnya] mengatakan; Aku pernah sakit parah di Makkah hingga rasanya berada di ujung kematian. Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam menjengukku. Maka Saya bertanya; ‘Wahai Rasulullah, saya mempunyai harta yang melimpah ruah, dan tak ada yang mewarisiku selain anak perempuanku bagimana kalau aku sedekahkan dua pertiganya? ‘ Nabi menjawab: “jangan”. Saya bertanya lagi; ‘Bagaimana kalau separoh? ‘ Nabi menjawab: “jangan”. Saya tanyakan lagi; ‘Bagaimana kalau sepertiganya? ‘ Nabi menjawab: “Sepertiga itu banyak, Sesunguhnya jika engkau tinggalkan anakmu dalam keadaan berkecukupan, itu lebih baik bagimu daripada kamu tinggalkan mereka dengan kondisi papa sehingga meminta-minta kepada sesama manusia. Sesungguhnya apa yang kamu nafkahkan dengan maksud untuk mencari ridha Allah pasti kamu diberi pahala, termasuk apa yang dimakan oleh istrimu.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s