Menjadi Golongan Menengah yang Kuat

Judul postingan saya kali ini saya ambil dari judul sebuah buku yang sangat menginspirasi saya, buku karangan seorang Financial Planner Independent Mbak Ligwina Hananto. Sudah lama saya membaca buku ini, mungkin kebanyakan dari teman-teman juga sudah pernah membacanya. Di sini Saya ingin mereview sedikit isi buku itu. Sedikit mengingatkan tentang pentingnya memiliki perencanaan keuangan yang komprehensif, Yang tidak kalah penting lagi adalah memiliki back up plan dengan memiliki proteksi yang cukup.

Di buku itu dideskripskan siapakan golongan menengah itu ? Kita yang pada umumnya sering mengeluhkan penghasilan yang tidak cukup. Kita semua mengeluhkan meningkatnya segala macam biaya, mulai dari harga bahan makanan pokok, biaya kesehatan hingga pendidikan.

Yang kondisi keuangan  sangat rentan terhadap inflasi. Belum lagi menghadapi kenaikan bahan bakar minyak atau BBM. Sampailah pada kesimpulan bahwa kita pada umumnya adalah golongan menengah yang harus segera menyelamatkan diri jika ingin mempertahankan gaya hidup,

Jadi golongan menengah itu adalah orang-orang yang bisa menikmati hidup. makan lengkap 3 kali sehari. Mondar mandir dengan mobil MPV atau motor merk Jepang produksi Indonesia. Tinggal di rumah -mungkn kontrakan- dengan minimal 2 kamar. Sempat nongkrong di warung kopi sepulang kerja. Meyekolahkan anak di sekolah yang baik. Punya paling tidak satu orang pembantu rumah tangga. Kita golongan menengah yang terjepit di tengah-tengah inflasi dan gaya hidup. Golongan yang masih malu-malu untuk berinvestasi, tapi langsung menyambut baik setiap kali ditawari kredit konsumsi. Jadi ?

Ayo, selamatkan golongan menengah ! Kenapa harus golongan menengah ?

Pertama-tama, tentu kita tidak perlu menyelamatkan golongan atas. The Super Rich tentu sudah mempunyai barisan investment Banker yang siap mengurusi kebutuhan investasi mereka. Harga BBM naik tidak mempengaruhi gaya hidup mereka, yang terpengaruh hanya besar kecilnya hasil investasi mereka.

Golongan bawah lain lagi ceritanya. Berjuang untuk sesuap nasi setiap hari, menghasilkan Rp. 10.000 per hari saja sudah hebat. Golongan ini belum bisa memikirkan Financial Planning macam apa yang mereka buat untuk keluarga. Semua tujuan adalah untuk jangka pendek, yakni bagaimana memenuhi kebutuhan makan keluarga hari ini!

Golongan bawah ini membutuhkan empowerment. Program microfinancing dan program sosial lah yang dapat membantu meringankan beban hidup saudara-saudara kita ini.

Bagaimana dengan golongan menengah ?

Golongan menengah tidak punya teman. Jarang merasakan kesulitan ekonomi. Tapi, tanpa disadari, golongan menengah diam-diam mulai menggali lubang kemiskinan sendiri. Ini terjadi saat salah satu dari kita mulai menunjukkan tanda-tanda kondisi keuangan yang tidak sehat. Utang kartu kredit menumpuk, kerja sudah 10 tahun tapi tidak punya rumah sendiri, uang Rp. 100 juta pun rasanya masih jauh sekali.

Bagaimana menyelamatkan golongan menengah ini ?

Negeri kita ini harus memiliki golongan menengah yang kuat

  • Kuat karena memiliki credit history yang sehat alias tidak pernah sampai harus didatangi debt collector
  • Kuat karena memiliki dana darurat yang dapat digunakan untuk bertahan hidup hingga 1 tahun lamanya
  • kuat karena memiliki rumah sendiri meski dicicil 15 tahun
  • Kuat karena memiliki proteksi yang setimpal dengan asuransi
  • Kuat karena berinvestasi secara reguler di reksadana
  • Kuat karena percaya pada pasar modal negeri sendiri
  • Kuat karena kitalah yang turut serta menggerakan ekonom negeri ini 

Masih belum puas juga karena Anda adalah bagian dari golongan menengah yang kuat, Anda akan memperjuangkan agar penghasilan Anda bertambah melebihi kenaikan harga BBM. Harga BBM naik tak perlu ditangisi. Sudah ada pemerintah yang mengurusi, sudah ada mahasiswa yang berdemo. Lalu siapa yang mau menjalankan ekonomi ? Yang memastikan kita dapat membayar tagihan setiap bulan. Yang memastikan  uang sekolah tetap terbayar. Lawan inflasi dengan perencanaan yang baik.

You are responsible for you own finances!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s