Seberapa Penting Manfaat Tambahan Pembebasan Premi (Payor of Premium) Pada Tapro Allianz?

Payor of Premium terbagi menjadi 4 jenis :

Payor Benefit : Manfaat pembayaran premi dilanjutkan oleh Allianz jika pemegang polis mengalami TPD atau CI+, sampai pemegang polis berusia 65 tahun, sebesar premi berkala disetahunkan, berlaku juga untuk top up berkala jika ditambahkan.

Payor Protection : Manfaat pembayaran premi dilanjutkan oleh Allianz jika pemegang polis meninggal dunia, sampai pemegang polis seolah-olah berusia 65 tahu sebesar premi berkala disetahunkan, berlaku juga untuk top up berkala, jika ditambahkan.

Spouse Payor Benefit : Pembayaran premi dilanjutkan oleh Allianz jika pasangan pemegang polis mengalami TPD atau CI, sampai pasangan pemegang polis berusia 65 tahun. sebesar premi berkala disetahunkan, berlaku juga untuk top up berkala jika ditambahkan.

Spouse Payor Protection : Pembayaran premi dilanjutkan oleh Allianz jika pasangan pemegang polis meninggal dunia. sampai dengan pasangan pemegang polis seolah-olah berusia 65 tahun sebesar premi berkala disetahunkan, berlaku juga untuk top up berkala jika ditambahkan.

Apa yang dibutuhkan jika seseorang terkena penyakit kritis atau cacat tetap total ?

Penyakit kritis membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pengobatan dan perawatan. Maka yang dibutuhkan adalah uang tunai yang besar. Penyakit kritis juga bisa menimbulkan kehilangan kemampuan produktif, berarti uang tunai yang besar itu juga harus ada lebihnya untuk biaya hidup.

Cacat tetap total atau lumpuh menimbulkan kehilangan kemampuan produktif alias tidak bisa bekerja lagi. Maka yang dibutuhkan adalah juga uang tunai yang besar untuk menggantikan penghasilan,  di mana penghasilan ini diperlukan untuk memenuhi biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Rider pembebasan premi berfungsi melindungi polis dari lapse karena ketidakmampuan bayar. Sedangkan untuk biaya sakit kritis atau cacatnya sendiri tidak menyediakan. Oleh karena itu, polis asuransi jiwa yang anda miliki sebaiknya dilengkapi pula dengan manfaat yang memberikan perlindungan berbentuk uang tunai dari risiko sakit kritis dan cacat tetap total.

Perlindungan terhadap penghasilan karena ketidakmampuan total diperoleh jika seseorang mengambil rider TPD (Total Permanent Disability). Sedangkan perlindungan terhadap biaya pengobatan yang mahal akibat penyakit kritis, dan juga terhadap kehilangan penghasilan yang mungkin disebabkannya, disediakan melalui rider CI (Critical Illness).

Dengan kata lain, rider pembebasan premi (Payor Benefit) menempati prioritas yang lebih rendah setelah rider cacat tetap total (TPD) dan rider penyakit kritis (CI).

Tetapi jika alokasi premi cukup besar, Manfaat tambahan pembebasan premi ini bisa juga ditambahkan. Apalagi jika misalnya, pemegang polis adalah pencari nafkah. Misal untuk Tapro Keluarga. Pemegang polisnya biasanya kepala keluarga atau pencari nafkah, sementara yang menjadi tertanggungnya adalah istri dan anak-anak. Maka jika pemegang polis mengalami cacat tetap total atau sakit kritis atau meninggal, maka semua polis keluarga tersebut dibebaskan dari pembayaran premi. Pembayaran premi selanjutnya dilanjutkan oleh Allianz, sampai pemegang polis berusia 65 tahun.

Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing, mana manfaat yang akan ditambahkan untuk memaksimalkan manfaat proteksi Anda dan keluarga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s