‘Himne Cinta’nya Asep Sopyan..

Oke.. hari ini  saya akan menulis hal diluar bahasan biasanya.

Beberapa bulan belakangan ini  Leader saya Asep Sopyan , punya rumah ke dua di Studio Rekaman. Canggih yak ? Rupanya belakangan ini sedang mengeksplore bakatnya yang lain dibidang seni tarik suara dan penciptaan lagu.

Tiap ada lagu baru fresh from the oven nya studio suka diminta dengerin dan ditanya komentarnya. Di share di WA Grup Myallisya, seru sih.. diskusi gak monoton cuma tentang insurance saja, ada warna lain juga.. diselingi dengerin lagu-lagu karyanya.

Selain memiliki kemampuan menulis, Leader satu ini juga hobi bernyanyi dan mencipta lagu. Dari teman kuliahnya yang bercerita,  katanya zaman Kuliahnya dulu memang senang dunia tarik suara.. sampai katanya gak sungkan-sungkan Pak Asep yang saat itu masih mahasiswa pernah ngamen di bis untuk menyalurkan kesukaannya bernyanyi. Amazing…. Uji nyali banget 😊.

Pernah mampir juga ke blog pribadinya yang lain,  rekaman video disitu ada lagu-lagu buatan sendiri.  Cukup produktif juga mencipta lagu, koleksi lagu-lagunya lumayan banyak. Menurutnya, keinginan membuat album lagu ini sudah sejak tahun 2000, baru terealisasikan 2017 ini setelah punya waktu luang dan punya uang dari bisnis Allianz Star Network (ASN) . Dahsyatnya bisnis ASN ini, dengan menjadi seorang Agen Asuransi yang berhasil kita bisa merealisasikan impian-impian.. seperti halnya salah satu impian leader yang satu ini yaitu membuat album lagu karya sendiri.

Kali ini saya akan coba review Album lagu rekaman perdananya yang diberi judul ‘Himne Cinta’. Tugas berat ni… *lap keringat hehe

Di album perdana ini, ada 11 lagu yang bisa dinikmati, ‘Adinda’, ‘Bukan Basa Basi’, ‘Di Antara Bunga-Bunga’, ‘Di Pasir Putih’, ‘haruskah Ku Menanti’, ‘Himne Cinta’, ‘Manusia Pertama Di Dunia’, ‘Seuntai Nada’, ‘membayangi Bulan’,  ‘Takdir Kita’ dan ‘Wajah yang Selalu Pagi’.  Isinya seputaran cinta, jatuh cinta, rindu belahan jiwa.. hehe .. saya tebak mungkin syairnya dibuat jaman-jaman masa pencarian belahan jiwa. Kebayang kalau yang nyanyi umuran under 30 cucok kali ya.. emang masanya lagi cari-cari.. masanya putus nyambung.. masa-masa galau hahaha.

Kesan pertama saya waktu dengar lagu rekaman perdana ini.. terdengar oldiest. Memori saya langsung terbang ke lagu-lagu tahun-tahun 70- 80-an.  Ntah mungkin karena ‘warna suara’ vokalist nya. Next bisa dicoba,  lagu ini dibawakan vokalist generasi milenial/anak kuliahan, warna suara vokalist yang berbeda sepertinya akan membuat warna lagu-lagunya jadi beda juga.. bisa lebih fresh sepertinya.

Lagu-lagunya easy listening. Nada-nada lagunya juga cukup variatif. Ada yang slow .. ada yang ngebeat. Syairnya ada yang puitis.. ada juga yang menggunakan bahasa lugas, sesuailah dengan kemampuannya bermain-main dengan kata-kata.  So far saya suka lagu ‘Haruskah aku menanti’ (inget masa penantian dilamar pangeran  dulu hahaha) dan ‘Takdir Kita’.

Untuk Arransemen lagunya, bisa dibuat lebih ciamik lagi misal..next untuk drumnya dipoles-poles lagi. Supaya kesannya tidak sedang latihan, Bolehlah next diiringin ama full band gitu biar lebih oke.

Secara keseluruhan tetep saya amazing dengan karya perdana  ini.. Saya baru sebatas penikmat lagu, belum bisa mencipta lagu seperti Leader yang satu ini.

Semangat terus untuk melahirkan karya ya..

Bagi yang penasaran dengan lagu-lagu karya Kang Asep Sopyan ini.. bisa mendengarkannya dengan mengklik  link https://asepsopyan.com/lagu/

2 responses to “‘Himne Cinta’nya Asep Sopyan..

  1. Terima kasih atas apresiasinya, bu Yessi.

  2. Ya Pak.. sama-sama.. 🙂

Leave a Reply