Pertanyaan Seputar Tapro

Saya tertarik untuk ikut program Tapro Allianz, apa yang harus saya lakukan ?

Anda dapat menghubungi saya dan setelah itu, saya akan mengirimkan formulir SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa)  untuk diisi dan Proposal Ilustrasi Asuransi untuk di tanda tangani. Setelah itu kirimkan kembali ke saya beberapa dokumen terlampir berikut ini

  1. SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) yang telah diisi dan ditanda tangani
  2. Proposal Ilustrasi Asuransi yang telah ditandatangani
  3. Fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku atas nama tertanggung dan pemegang polis
  4. Bukti transfer premi pertama (kecuali cara setor menggunakan kartu kredit)

Beberapa dokumen tambahan lampiran berikut ini juga diperlukan tergantung dari jenis asuransi dan manfaat tambahan (rider) yang dipilih :

Tambahan lampiran:

  1. Fotokopi akta lahir (untuk peserta anak)
  2. Fotokopi buku nikah (jika mengambil rider spouse payor)
  3. Fotokopi kartu keluarga (untuk polis satu keluarga)
  4. Fotokopi halaman pertama buku tabungan (jika cara bayar menggunakan autodebet tabungan Mandiri, BCA, BRI) + surat kuasa
  5. Fotokopi kartu kredit (jika cara bayar menggunakan debet kartu kredit) + surat kuasa
  6. Fotokopi hasil tes kesehatan, cek lab, atau resum medis dokter (jika dalam 5 tahun terakhir pernah memeriksakan kesehatan atau dirawat di rumah sakit)
  7. Kuesioner medis (jika memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti darah tinggi, kanker, jantung, asma) yang telah diisi dan ditanda tangani
  8. Kuesioner pekerjaan (jika pekerjaan termasuk berisiko tinggi seperti pekerja tambang, minyak dan gas, instalasi listrik) yang telah diisi dan ditanda tangani
  9. Kuesioner keuangan (jika uang pertanggungan jiwa lebih dari 3 miliar) yang telah diisi dan ditanda tangani

Apakah saya harus jujur ketika mengisi form permohonan asuransi?

Saya sangat menyarankan anda untuk menjawab seluruh pertanyaan terutama yang terkait history kesehatan Anda dengan jujur. Karena ini terkait dengan klaim yang nanti akan dilakukan. Jika ada informasi kesehatan yang tidak diutarakan dengan benar, Allianz berhak untuk tidak membayar klaim yang diajukan.

Tentang Pengisian SPAJ bisa dibaca DI SINI

Apakah diperlukan Tes Medis/ Medical Test untuk pengajuan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?

Tidak setiap pengajuan asuransi membutuhkan Tes Medis/ Medical Test. Perlu atau tidaknya medical Check Up ini ditentukan oleh underwritting.Beberapa yang menjadi pertimbangan perlu tidaknya tes medis ditentukan oleh manfaat asuransi yang diambil, jumlah uang pertanggungan dan riwayat kesehatan calon nasabah.

Tabel Test Medis bisa dilihat Di SINI

Sebenarnya bagaimanakah alur proses dari sejak permintaan asuransi jiwa sampai polis asuransi tersebut diterbitkan?

Silahkan perhatikan alur dan tabel berikut ini:

porsedur asuransi

sop-allianz

Setelah polis asuransi keluar, maka akan saya antarkan kepada klien nya langsung. Untuk klien yang jauh (berada di luar daerah), polis akan dikirimkan lewat jasa pengiriman.

Apakah penting bagi saya untuk mempelajari dan memahami isi polis asuransi saya?

Anda sebagai pemegang polis sangat disarankan untuk mempelajari dan memahami dengan sebaik-baiknya isi polis asuransi Anda. Pelajari setiap ketentuan yang ada mulai dari kriteria keadaan yang dicover oleh perusahaan asuransi, pasal pengecualian yang mengatur keadaan apa saja atau keadaan yang seperti apa yang dikecualikan oleh perusahaan asuransi, syarat-syarat atau dokumen-dokumen kelengkapan dalam rangka klaim asuransi, sampai dengan masa tunggu yang ada dan batas waktu maksimal klaim diterima oleh perusahaan asuransi.

Berapa premi untuk saya ?

Pastinya jumlah premi yang wajib dibayarkan untuk orang yang ingin membeli polis asuransi, berbeda beda sesuai dengan usia dan kondisinya saat ini. Oleh karena itu, untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh diperlukan Proposal Ilustrasi Asuransi sebelum anda membeli polis asuransi jiwa. Untuk mendapatkan Proposal Ilustrasi Asuransi ini, mohon mengirimkan ke saya data-data anda sebagai berikut:

  1. Nama
  2. Jenis kelamin
  3. Tanggal lahir
  4. Pekerjaan
  5. Merokok/tidak
  6. Data anggota keluarga (nama, jenis kelamin, tanggal lahir) jika ingin disertakan
  7. Manfaat yang diinginkan atau premi yang dianggarkan.
  8. Email

Klaim Asuransi itu ternyata sangat sulit, apakah benar demikian?

Beberapa orang menganggap proses klaim asuransi itu susah. Karena alasan itu sebagian orang jadi tidak mau berasuransi. Padahal proses klaim dianggap sulit kemungkinan karena sebenarnya kita tidak tahu prosedur klaimnya seperti apa. Seperti halnya jika kita mau ambil uang di rekening tabungan di bank, tapi kita tidak membawa kartu identitas/ATM/Buku Tabungan, tentunya akan susah juga waktu mau mengambil uang kita sendiri.

Selama kita sudah mengisi SPAJ dengan jujur, selama polis dalam keadaan aktif/tidak lapse, dokumen klaim dilengkapi sesuai ketentuan dan juga kondisi yang akan diklaim sesuai dengan ketentuan di polis, proses klaim akan berjalan sebagaimana mestinya.

Tentu akan butuh waktu, disinilah diperlukan kerjasama antara keluarga nasabah dan agennya. Satu yang pasti, perusahaan Asuransi memiliki itikad baik untuk membayar semua klaim yang memenuhi persyaratan.

Lalu dokumen apa sajakah yang diperlukan untuk melakukan klaim asuransi jiwa?

Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengajuan klaim asuransi jiwa, sesuai jenis klaim yang diajukan dapat dilihat di tabel berikut ini.

image1

Formulir klaim dapat di download dari halaman download

Catatan:

Klaim meninggal dunia diajukan selambat-lambatnya 60 hari sejak terjadinya meninggal dunia.

– Klaim penyakit kritis diajukan selambat-lambatnya 30 hari sejak diagnosa penyakit kritis.

– Klaim kecelakaan diajukan selambat-lambatnya 60 hari sejak tanggal terjadinya kecelakaan.

Klaim cacat tetap total diajukan selambat-lambatnya 210 hari sejak tanggal terjadinya cacat tetap total.

– Klaim payor benefit karena cacat tetap total diajukan selambat-lambatnya 210 hari sejak tanggal terjadinya cacat tetap total. Klaim payor benefit karena penyakit kritis selambat-lambatnya 30 hari sejak terdiagnosa penyakit kritis.

– Klaim Flexicare Family/Allisya Care/Maxi Violet diajukan selambat-lambatnya 30 hari setelah berakhirnya perawatan.

 

Yessi Dian Novita

Business Partner Allianz Star Network (ASN)

Telp/WA : 08129645333

email : yessidiannovita@yahoo.com