Question & Answer SmartMed Premier

Tentang Produk Askes SmartMed Premier selengkapnya bisa dibaca di sini

Tabel Premi dan Tabel Manfaat Produk Askes SmartMed Premier bisa dibaca di sini

image

Q : Apa keunggulan dari produk SmartMed Premier ?

A : Banyak sekali Keunggulan dari produk SmartMed Premier ini ;

  1. Sebuah produk asuransi kesehatan yang komprehensif bagi individu & keluarga dengan cakupan seluruh dunia, memberikan manfaat Rawat Inap, Kemoterapi, Hemodialisis, Manfaat Biaya Pemakaman, Evakuasi Medis Darurat & Repatriasi, fasilitas cashless di Singapura &Malaysia, HIV/AIDS, Rawat Jalan, Persalinan, Rawat Gigi, dan Bonus apabila Tidak Ada Klaim (sebagai pilihan yang bisa ditambah).
  2. AsCharge (sesuai dengan tagihan biaya dirumah sakit)* dam memiliki limit tahunan yang besar.*sesuai dengann ketentuan di polis
  3. Sistem pembayaran dengan kartu (Cashless) dalam jaringan penyedia di Indonesia, Singapura & Malaysia dan reimburst jika diluar jaringan provider.
  4. Memiliki 10 pilihan Plan Kamar mulai dari Rp.500.000/hari s/d Rp.6.000.000/hari
  5. Peserta dapat memilih antara Batasan Tahunan yang berbeda dan tingkat co-share (0%, 10%, 20%) hanya untuk Rawat Inap & Manfaat Persalinan dan yang pertama kali ada pada produk kesehatan individual.

Q : Apa yang dimaksud dengan layanan Co-Share dan bagaimana penjelasannya ?

A : Layanan Co-Share adalah merupakan layanan yang diberikan kepada peserta SmartMed Premier untuk memilih berapa pertanggungan yang akan dibebankan ke PT Allianz Life dan berapa yang dibebankan ke peserta itu sendiri (Khusus untuk benefit Rawat Jalan & Persalinan) dan 3 pilihan layanan Co-Share yang bisa dipilih diawal kepesertaan (20%,10% dan 0%), sebagai contoh : peserta memilih layanan Co-Share 20%, maka jika terjadi klaim yang sesuai dengen ketentuan klaim didalam polis dan layak untuk dibayarkan, maka PT Allianz Life akan membayarkan 80% dari biaya yang dimaksud (total semua biaya atau inner limit) dan peserta akan menanggung sebesar 20% nya (Ekses Klaim).

Q : Apakah layanan Co-Share hanya berlaku pada benefit Rawat Inap saja ?

A : Layanan Co-Share bisa dipilih pada benefit Rawat Inap, tapi jika peserta menambahkan benefit optional (persalinan) pada polisnya maka secara otomatis semua benefit optional yang ditambahkan tersebut akan mengikuti layanan Co-Share seperti benefit Rawat Inapnya.

Untuk Benefit Rawat Jalan dan Gigi akan diberlakukan secara otomatis co-share 20% dan tidak dapat memilih layanan co-share lainnya (10% dan 0%)

Q : Bagaimana dengan perhitungan No Claim Bonus ?

A : Jika peserta selama 1 tahun kepesertaan tidak pernah melakukan klaim dan mau melanjutkan kepesertaannya untuk 1 tahun kedepan, maka premi untuk perpanjangan kepesertaan tersebut akan mendapat discount 20% dari premi yang seharusnya dibayar peserta.

Q : Apa yang dimaksud dengan jaringan provider dan di luar jaringan provider ?

A : Jaringan provider adalah Rumah Sakit atau Klinik yang sudah melakukan kerjasama dengan provider produk SmartMed Premier (Provider = AdMedika) yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia & Singapore dan diluar jaringan provider adalah Rumah Sakit/Klinik di seluruh dunia yang belum bekerja sama dengan provider.

Jadi jika peserta menjalani perawatan di jaringan provider maka peserta bisa menggunakan kartu SmartMed Premier sebagai alat pembayaran/Cashless (selama tidak melebihi dari plan kamar yang dipilih dan sesuai dengan ketentuan klaim yang terdapat dalam polis ) dan peserta hanya membayar Ekses klaim yang terjadi (jika ada), tapi jika perawatan dilakukan di luar jaringan provider, maka peserta harus membayar dulu ke rumah sakit/klinik tersebut dan kemudian kwitansi pembayaran serta dokumen-dokumen yang diperlukan bisa di reimburst ke PT Allianz Life dalam waktu maksimal 30 hari setelah meninggalkan Rumah Sakit/Klinik tersebut.

Q : Apakah semua klaim bisa Cashless di semua jaringan provider baik di indonesia maupun di luar negeri ?

A : Cashless untuk klaim Rawat Inap & Persalinan hanya bisa dilakukan di jaringan provider (Admedika) di Indonesia, Malaysia dan Singapore sedangkan Cashless rawat jalan & Gigi hanya bisa di jaringan provider Admedika di Indonesia.

Q : Apakah semua polis bisa mendapatkan fasilitas Cashless ?

A : Hanya polis dengan metode pembayaran premi 6 bulanan & tahunan saja yang bisa mendapatkan fasilitas Cashless.

Q : Bagaimana jika peserta di rawat dengan kelas kamar yang lebih tinggi dari Plan yang dipilih ?

A : Jika ternyata peserta tidak mendapatkan kamar yang sesuai dengan plan yang dipilih karena ketidak tersediaan di rumah sakit tersebut, maka peserta boleh melakukan perawatan di ruangan yang lebih tinggi  1 plan diatas plan yang dimiliki dan maksimal 2 hari. Tapi jika peserta secara sengaja memilih kamar yang lebih tinggi dari plan maka akan diberlakukan inner limit sesuai dengan tabel manfaat SmartMed Premier.

Q : Bagaimana jika peserta dirawat di Amerika Serikat ?

A : Jika peserta melakukan perawatan di Amerika Serikat maka akan diberlakukan inner limit

Q : Bagaimana perhitungan biaya klaim hemodialisa, kemoterapi ?

A : Klaim akan dibayarkan dengan biaya yang ditagihkan dan maksimal sesuai dengan yang tertera di tabel manaat SmartMed Premier

Q : Peserta sudah memiliki MaxiViolet, apakah masih boleh membeli SmartMed Premier ?

A : Boleh tapi akan diberlakukan koordinasi manfaat (Coodination of Benefit)

Q : bagaimana dengan koordinasi manfaatnya, contoh : jika peserta sudah membeli maxiviolet plan Rp 500.000, lalu membeli lagi SmartMed Premier Plan Rp. 1000.000 kemudia peserta dirawat di RS jaringan provider Admedika dengan kamar Rp 1.300.000/hari, apakah selisihnya bisa dicover oleh produk MaxiViolet?

A : Jika peserta klaim dengan menggunakan cashless maka peserta diharuskan membayar ekses klaimnya terlebih dahulu, setelah itu ekses klaimnya bisa direimburst ke Allianz Life dengan melampirkan medical record Rumah Sakit dan kwitansi biaya perawatan yang dibayarkan.

Q : Peserta sudah memiliki polis MaxiViolet sejak 3 tahun lalu, dan menutup polis MaxiVioletnya diikuti dengan membeli polis SmartMed Premier dengan Plan yang sama (mengganti produk ), apakah masa tunggunya berlaku sejak awal lagi (untuk peyakit khusus dan masa tunggu ) ?

A : Jika jumlah plannya sama maka tidak ada masa tunggu lagi untuk smartmed premiernya, tapi jika ternyata plan smartmed premiernya lebih besar dari maxivioletnya maka selisihnya akan dikenakan masa tunggu lagi. Perubahan maxiviolet ke smartmed premier hanya dapat dilakukan pada saat ulang tahun polis/perpanjangan maxiviolet.

Q : Apakah diperbolehkan membeli polis smartmed premier hanya untuk anak tanpa mengikutkan orang tua ?

A : Tidak bisa, kecuali jika anak tersebut berusia di atas 18 tahun.

Q : Bagaimana keputusan underwriting untuk produk ini, apakah hanya diterima atau ditolak saja, atau ada keputusan diterima dengan pengecualian ?

A : Keputusan underwriting produk ini bisa salah satu dari 5 keputusan berikut ini : Diterima, Diterima dengan Extrapremi, Diterima dengan pengecualian, Diterima dengan Extra premi & Pengecualian, dan ditolak

Q : Apakah polisnya dapat diperpanjang secara otomatis ?

A : Tidak otomatis, tetapi 30 hari sebelum polis berakhir akan dikirim surat pemberitahuan, bisa berupa renewal notice atau surat pemberitahuan bahwa polisnya tidak dapat diperpanjang, untuk yang dikirim renewal notice, jika ada konfirmasi & pembayaran, maka polis akan diperpanjang (prosedur renewal), jika peserta sudah pernah melakukan klaim tidak akan langsung distop/tidak boleh perpanjangan saat renewal, tetapi akan ada re- underwritting untuk melihat apakah klaimnya wajar atau tidak , akan ada pertimbangan dari riwayat klaim tersebut.

Q : jika nantinya peserta sudah ikut produk ini dan sudah melakukan klaim penyakit apakah polisnya masih boleh diperpanjang ?

A : Jika peserta sudah pernah melakukan klaim tidak langsung di stop/ tidak boleh diperpanjang pada saat renewal, tapi akan ada proses re-underwritting dengan melihat riwayat klaimnya dan keputusan apakah polis dapat dilanjutkan tergantung dari hasil proses re-underwritting saat proses renewal tersebut.

Q : Dan apakah akan dikenakan ekstra loading ? bagaimana perhitungannya, naik 50%, 100% atau berapa % ?

A : tidak bisa diinformasikan karena tidak bisa dipastikan besarannya dan tergantung hasil underwritingnya, tapi maksimal 200% atau diberlakukan pengecualian untuk kondisi tertentu, atau tidak dapat dilanjutkan pertanggungannya.

Q : Pengcoveran HIV/AIDS dalam produk smartmed premier seperti apa ?

A : Jika tertanggung terdiagnosa HIV/AIDS dengan atau tanpa melakukan rawat inap di rumah sakit maka Allianz Life akan membayarkan manfaat secara lumpsump sebesar Rp 10.000.000

Advertisements