Tentang Pengisian SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa)

imageKetika anda  ingin memiliki asuransi jiwa, maka proses pertama yang dilakukan adalah mengisi Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ). Melalui surat ini perusahaan akan meminta anda memberikan berbagai detail informasi seperti data diri, pertanyaan riwayat medis, sumber dana premi dan lain sebagainya.

Sebagai syarat penerbitan polis, anda wajib mengisi dengan lengkap dan benar semua keterangan dan pernyataan pada SPAJ dan formulir-formulir yang disediakan serta menandatanganinya. Karena informasi yang dibutuhkan sedikit banyak bersifat pribadi maka dihimbau untuk mengisi SPAJ sendiri dan menjawab berbagai pertanyaan dengan jujur dan benar. Ketika anda memutuskan untuk memberikan informasi yang keliru, maka dikatakan bahwa Allianz berhak untuk membatalkan polis serta tidak membayarkan maslahat meninggal/ kesulitan klaim.

Jangan khawatir jika  menjawab pertanyaan dengan jujur maka perusahaan asuransi akan menolak permohonan anda, Perusahaan asuransi memang memiliki hak untuk menolak jika dirasa perlu, namun di sisi lain perusahaan asuransi bisa mempertimbangkan untuk mengabulkan permohonan asuransi jiwa anda namun disertai dengan beberapa ketentuan khusus.

Pastikan anda memahami seluruh pertanyaan yang diberikan sebelum menjawab, jika merasa ragu, maka hubungi agen anda untuk memperoleh informasi yang tepat.

Sumber : www.allianz.co.id dan polis Tapro Allisya Protection Plus

Leave a Reply