Jadi Agen Allianz

“Bagaimana cara menjadi agen Allianz?”

Ini satu pertanyaan yang cukup sering saya terima, sekaligus paling saya tunggu. Kenapa? Karena dengan semakin banyaknya agen asuransi, semakin banyak pula masyarakat yang terlindungi keuangannya.

Tapi karena tidak setiap orang cocok dengan pekerjaan ini, izinkan saya melakukan seleksi.

Kualifikasi yang Diharapkan

Pada dasarnya siapa pun dapat mendaftar sebagai agen ASN di tim saya, yang penting punya keberanian untuk menghubungi orang lain dan mau belajar.

Tapi demi kelancaran kerja kita ke depan, saya berharap calon agen di tim saya telah memiliki modal awal sebagai berikut:

  1. Memiliki kendaraan sendiri (syarat standar seorang sales di mana pun).
  2. Memiliki komputer atau laptop (untuk membuat proposal ilustrasi produk).
  3. Memahami fungsi-fungsi dasar internet, minimal email (sesekali saya akan meminta bantuan anda untuk melayani permintaan calon nasabah).

Jika anda ingin memasarkan produk asuransi melalui internet atau blog seperti saya, dan ingin diajari caranya, ada tambahan kualifikasi lagi, yaitu:

  1. Rajin membaca.
  2. Bisa menulis, atau mau mempelajarinya.
  3. Akrab dengan dunia internet (mesin pencari, email, blog/web, dan semacamnya).

Persyaratan Administratif

1. Mengisi Form Aplikasi Agen, dengan melampirkan:

a. Fotokopi KTP (2 lembar)

b. Pas foto warna ukuran 3×4 (2 lembar)

c. Fotokopi buku tabungan (1 lembar)

d. Fotokopi NPWP (1 lembar)

e. Bukti transfer biaya ujian lisensi AAJI sebesar 225 ribu (online, Jakarta) atau 250 ribu (paper, luar Jakarta).

2. Mendaftarkan satu polis Tapro (Allisya Protection Plus atau Smartlink Flexi Account Plus).

Ketika anda berniat menjadi agen, anda tentu telah punya bayangan siapa saja yang akan anda tawarkan asuransi. Hubungi mereka, dan saya akan membantu anda supaya salah satunya bisa segera menjadi nasabah anda yang pertama. Ini adalah ujian awal sebelum anda diterima menjadi agen Allianz, yaitu keberanian untuk menghubungi orang lain dan menawarkan asuransi.

Polis harus atas nama orang lain (bukan diri sendiri, suami/istri, atau anak). Surat pengajuan polis diajukan bersamaan dengan berkas aplikasi agen, dan omsetnya akan dihitung sebagai milik anda.

Jika anda belum tahu apa itu Tapro, silakan dibaca di SINI. Anda dapat berdiskusi dulu dengan saya untuk memperdalam pengetahuan produknya.

3. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.

Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 2-3 minggu. Sambil menunggu, andabisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI dan materi-materi lainnya (bisa diperoleh diSINI).

Bisnis ASN

Bagaimana mencapai sukses di bisnis ASN? Caranya sangat sederhana. Anda cukup melakukan 3 langkah berikut:

Langkah 1 (Business Executive – BE)

Agen yang baru bergabung disebut sebagai BE.

Tugas anda sebagai BE adalah menjual polis Tapro hingga terkumpul premi disetahunkan atau ALP (Annualized Life Premium) sebesar 300 juta (setara total premi25 juta per bulan), secepatnya atau paling lambat selama 2 tahun.

Di sini, anda akan mendapat komisi sebesar X (tahun 1), X (tahun 2), serta 5% (tahun 3-5).

Langkah 2 (Business Partner – BP)

BE yang telah mencapai ALP300 juta diangkat menjadi BP.

Tugas anda sebagai BP adalah merekrut beberapa orang untuk menjadi BE di tim anda, dan mengajari mereka sehingga mampu menjual polis Tapro dengan ALP 300 juta.

Di sini, selain komisi atas penjualan pribadi, anda juga berhak atas overriding atau tunjangan jabatan sebesar ½ X (tahun 1) dan ½ X (tahun 2). Overriding ini anda peroleh baik dari penjualan pribadi maupun BE-BE di tim anda.

Langkah 3 (Senior Business Partner – SBP)

Senior Business Partner adalah BP yang telah memiliki beberapa BP di bawahnya.

Tugas anda sebagai SBP adalah mengulangi Langkah 1 dan Langkah 2, serta memastikan BE dan BP di bawah anda pun melakukan hal yang sama.

Di sini, selain komisi penjualan pribadi dan overriding, anda juga berhak atas royalti (passive income) sebesar 1/6 X (tahun 1) dan 1/6 X (tahun 2) dari omset seluruh BP di jaringan anda, hingga kedalaman 5 generasi BP. Uang besar adanya di sini.

Penjelasan:

  • ALP 300 juta berarti setara total premi 25 juta per bulan. Jika rata-rata nasabah anda setor premi 1 juta per bulan, dibutuhkan 25 nasabah untuk menjadi BP.
  • X adalah komisi dasar produk Tapro (Allisya Protection Plus atau Smartlink Flexi Account Plus). Berapakah X? Karena sedikit banyak ini termasuk rahasia perusahaan, anda tanya saya saja ya 🙂
  • Anda boleh merekrut agen langsung (downline) berapa pun jumlahnya (kelebaran tidak dibatasi).
  • Simpelnya sistem bisnis ASN dengan royalti hingga kedalaman 5 generasi BP dapat dijelaskan dengan gambar ini:

Sistem Bisnis ASN 2015

Support System

Untuk mendukung kesuksesan anda, ada banyak support system yang bisa anda manfaatkan.

A. Dari Manajemen Allianz Life Indonesia

Dari pihak manajemen Allianz Life Indonesia, ada dua training yang wajib diikuti oleh setiap agen, yaitu:

  1. Basic Training Program. Ini adalah training dasar yang wajib diikuti setiap agen Allianz. Training dasar meliputi: ASN Orientasi Program, Basic Product Training, dan Basic Operation Training. Training ini dilaksanakan selama dua hari.
  2. New Leader Training (NLT). Ini adalah training untuk agen yang telah mencapai level BP. Training dilaksanakan selama 1 hari.

Kedua training ini dilaksanakan setelah anda terdaftar sebagai agen.

Selain itu ada beberapa acara lain yang rutin diadakan Allianz, antara lain:

  1. SnR (Selling and Recruitting), seminar intensif selama 3 hari yang menghadirkan pembicara dari kalangan internal maupun luar.
  2. Kick off Meeting, diadakan setiap bulan Januari, berisi pengarahan dari manajemen Allianz dan info-info seputar berbagai kontes yang diadakan di tahun itu.
  3. ASN Recognition, sebuah acara selebrasi untuk memberikan penghargaan kepada para agen yang mencapai target promosi, kontes trip, MDRT, dan MDIT.
  4. ASN Final Lap, diadakan setiap awal bulan Oktober. Seminar sehari yang menghadirkan para pembicara level nasional dan internasional untuk menyemangati para agen menghadapi tiga bulan terakhir.

Support system lainnya adalah aneka kontes untuk memacu semangat agen dalam melakukan penjualan. Kontes yang rutin diadakan adalah:

  1. Trip ke luar negeri. Biasanya ada tiga negara tujuan trip yang dapat dipilih dengan persyaratan penjualan pribadi dan atau penjualan tim.
  2. CPC (Consistent Producers Club), penghargaan untuk para agen yang konsisten berproduksi setiap bulan.
  3. Special Project, sebuah tantangan berhadiah insentif 5-10 juta tiap bulan selama 2 tahun (di luar komisi dan overriding) bagi BE maupun BP yang memenuhi kualifikasi.

B. Dari Grup Busster

Beruntung saya tergabung di grup Busster, sebuah jaringan keagenan yang paling pesat perkembangannya di ASN. Di grup ini ada beberapa support system yang dapat anda ikuti untuk mendukung keberhasilan anda, antara lain:

  1. M3 (Money Making Meeting), kelas penyegaran motivasi dan inspirasi, di mana agen-agen sukses membagikan pengalaman dan tips-tips kesuksesan mereka.
  2. BSP (Business Success Presentation), kelas pengenalan bisnis ASN, prospek, dan sistem kompensasinya.
  3. Training Product Knowledge, untuk membekali para agen dengan pengetahuan produk yang mumpuni.

B. Dari Saya dan Team 

Dengan sumber daya yang ada pada saya, sebisa mungkin saya akan membantu anda mencapai keberhasilan di bisnis ini.  Blog ini adalah support system pertama yang dapat anda manfaatkan untuk memperdalam pengetahuan produk Allianz.  Nama dan kontak anda akan dipasang di blog. Dibantu untuk mendapatkan calon nasabah dan agen via internet. Dibimbing langkah demi langkah untuk bisa mendapatkan calon nasabah dan agen secara pasif melalui internet (jika berminat dan memenuhi persyaratannya). Izin menggunakan seluruh artikel di blog untuk dipasang di web/blog anda.

Semua support system tersebut akan bekerja maksimal hanya jika anda sendiri memiliki keinginan yang kuat, inisiatif, dan antusias.

Selamat Bergabung…