(Kami) Agen…Bukan Hanya Penjual Asuransi :)

Jika anda ingin memiliki polis asuransi karena ingin melindungi keluarga anda tercinta dari resiko finansial jika satu dan lain hal sesuatu terjadi pada anda atau anggota keluarga, juga  sebagai salah satu bukti cinta dan tanggung jawab anda pada mereka, maka salah satu caranya adalah melalui perantara Agen Asuransi. Tahukah anda sampai mana batas pelayanan yang dapat diberikan oleh agen ?

Sebelumnya anda harus mengetahui cara mencari agen yang tepat. Tanyakan apakah agen sudah memiliki lisensi sebagai agen asuransi, karena berdasarkan aturan dari industri asuransi, agen diwajibkan memiliki lisensi.

Agen harus menjelaskan produk yang disarankan sesuai kebutuhan nasabah. Tentu sebelumnya diperlukan sesi tanya jawab yang intens antara agen dan calon kliennya untuk menggali kebutuhan proteksinya. Menjelaskan  manfaat dari produk asuransi serta hak  kewajiban perusahaan dan nasabah secara rinci apa adanya. Juga dijelaskan pengecualian-pengecualian dalam polis dan tidak boleh ditutup-tutupi.

Ada kalanya untuk menjelaskan keseluruhan dengan detail tentu butuh waktu, sementara klien dengan berbagai macam kesibukannya memiliki  keterbatasan waktu. Untuk itu saya pribadi menyiasatinya  dengan membuat Blog pribadi http://proteksisyariah.com  selain tentunya web resmi allianz http://allianz.co.id jika suatu saat klien saya butuh informasi terkait polis yang dimiliki atau saya ingin update informasi, saya akan gunakan beberapa fasilitas yang ada (blog pribadi, BBM, Line, WA dan email)  kapanpun dan dimanapun.

Agen harus memberikan pelayanan terkait kepemilikan polis kepada nasabah sejak awal dia bergabung sampai selama polis yang dimilikinya masih aktif. Agen profesional menyadari bahwa usia polis cenderung sepanjang hidup nasabah, dengan begitu ia siap untuk menjadi bagian hidup nasabahnya.

Agen harus memonitor kondisi polis maupun kehidupan nasabahnya, dengan begitu agen dapat memberikan saran dan rekomendasi penyesuaian polis mereka sesuai kebutuhan. Adakalanya nasabah mengajukan klaim atau ingin mengembangkan jaminan polis asuransinya.

Tapi, bagaimana jika agen tidak bekerja lagi di perusahaan asuransi tersebut ?

Setiap perusahaan asuransi menerapkan prosedur Orphan Policy, artinya ketika agen sudah tidak bergabung lagi dengan perusahaan asuransi tersebut maka Allianz akan mendelegasikan pemimpin (leader) dari agen tersebut ataupun menunjuk agen yang baru untuk melayani nasabah tadi. Customer service juga siap membantu memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada anda. no kontak agen, leader serta customer service diberikan kepada nasabah. Lembar nomor kontak yang diberikan ketika penyerahan polis bisa disimpan dan digunakan sewaktu-waktu diperlukan nanti.

Yuk, mari berasuransi 🙂

Advertisements