Tata Cara Pengajuan Klaim Asuransi Allianz

Beberapa orang ada yang berpendapat proses klaim asuransi itu sulit. Karena alasan itu orang menjadi tidak terlalu suka berasuransi.  Padahal menurut saya, memproses klaim asuransi memang butuh waktu tapi akan lebih sulit lagi kalau kita tidak punya asuransi.

Proses klaim dianggap sulit kemungkinan karena tidak tahu prosedur klaimnya seperti apa. Seperti halnya jika kita mau ambil uang di rekening tabungan di bank, tapi kita tidak membawa kartu identitas/ATM/Buku Tabungan. Apakah juga susah waktu mau ambil uang kita sendiri ? Tulisan ini ingin memberikan gambaran tahapan apa saja yang nanti dilalui dalam proses klaim.

Pada prinsipnya agen akan membantu melakukan pengajuan klaim, namun setidaknya perlu kerjasama yang baik antara agen dan nasabah dalam mempersiapkan dokumen-dokumen supaya proses klaim bisa semakin lancar dan mudah.

Dokumen-dokumen yang diperlukan  sebagai persyaratan pengajuan klaim :

image

Bagan Alur Proses Klaim Asuransi

image

  1. Klient mensubmit dokumen klaim
  2. Allianz menerima dokumen klaim, meregister data, memverifikasi dokumen klaim, mengecek keabsahan klient, dan menganalisa data medis, manfaat asuransi dan kondisi polis.
  3. Jika diputuskan karena satu dan lain hal, klaim tidak diberikan, dokumen akan dikirimkan kepada klient untuk dimintakan lagi informasi tambahan, atau klaim ditolak karena alasan tertentu, atau dokumen di tunda untuk klarifikasi lebih lanjut.

Jika diputuskan klaim diterima, pembayaran ditransfer kepada klient berikut dikirimkan report nya.

Bagan Alur Klaim Asuransi Jiwa dan Kesehatan

image

Tentang bagaimana prosedur pelayanan askes Allianz Jaringan Allianz-AdMedika selengkapnya bisa dibaca di sini

Dengan informasi ini semoga kita dapat mengerti  tentang prosedur  klaim.